Sunday, May 8, 2011

Teman Baru si Zodia

Selama ini saya punya satu jenis tanaman anti nyamuk yaitu Zodia, yang pernah saya bahas tentang perkembangbiakannya di tulisan ini.

Saya pernah dengar juga tentang tanaman-tanaman lain yang juga bisa mengusir nyamuk yaitu lavender, tapi selama ini belum tertarik untuk mencoba menanam.

Sampai minggu lalu ada diskusi di milis greenlifestyle tentang obat nyamuk, dan di sana ada yang menginformasikan lagi tentang aneka tanaman anti nyamuk.

Ternyata ada buanyak sekali tanaman anti nyamuk. Ada serai wangi, lavender, rosemary, dan ada sekitar 5 tanaman lagi. Nanti saya infokan link-nya ya.

Dan dari diskusi itupun dibahas, bahwa zodia akan lebih efektif dan keluar baunya jika dibasahi dengan air atau terkena angin sehingga daunnya saling bersentuhan. Maka sekarang saya pindahkan zodia saya ke dekat pintu yang sering terlewati angin.

Dan, saya coba browsing, ternyata ada yang jual bibit rosemary dan lavender untuk dikirimkan! Wah langsung saya pesan, kabarnya 3 hari lagi datang :-) Seruuu..

Dan untuk zodia, akhirnya saya ketemu juga cara pengepakannya. Ada dua pilihan. Satu nursery menggunakan cara pohon dilepaskan dari tanah dan akarnya dibersihkan. Satu lagi dengan media, dibantu lakban dan selongsong kardus agar tanaman tetap tegak dan tidak berubah posisi.

Sepertinya saya akan pilih cara pengiriman dengan media. Bagaimana, ada yang mau jadi pemesan pertama :-)

Sementara itu dulu infonya. Nanti saya kabari lagi perkembangan tanaman anti nyamuk saya ya..

No comments:

Post a Comment