Sunday, May 13, 2012

Tanaman Kurma, Jantan atau Betina?

Waktu itu saya pernah cerita soal menanam kurma di taman, dari biji-biji kurma tunisia yang saya makan, yang alhamdulillah berhasil tumbuh :-)

Dan sekarang, beberapa sudah mulai tinggi, sekitar 30 cm, sebagian besar yang lain masih kira-kira 15-20 cm. Jumlahnya banyaaaak, sampai akhirnya saya bingung mau meletakkan di mana lagi, akhirnya saya bagi ke teman-teman.

Waktu bagi-bagi ke teman-teman, ada yang tanya, apa benar kurma bisa tumbuh di Indonesia. Saya pernah baca bahwa di Bogor ada kebun kurma, dan di Bandung ada yang punya pohon kurma di halaman rumahnya. Untuk dapat info lebih lanjut, saya pun tanya Mbah Google :-)

Ternyata, memang sudah banyak perkebunan kurma di Indonesia. Yang jual bibit kurma pun sudah banyak :-)
Salah satunya di Gresik di link berikut :
http://kurma-indonesia.blogspot.com/2008/09/pengembangbiakan-kurma-dari-biji.html

Nah, dari blog ini saya jadi dapat info tambahan, bahwa ternyata, mengembangbiakkan kurma untuk pertanian supaya bisa dipanen buahnya, sebaiknya bukan dari biji. Weleh :-) Karena, kalau dikembangbiakkan dari biji, sebagian besar akan menjadi pohon jantan, sehingga tidak berbuah.

Jadi, kemungkinan besar pohon-pohon kurma saya akan jadi pohon kurma jantan nih. Tapiiii nggak apa-apa, harus tetap berpikir positif :-) Namanya juga probabilitas, insya Allah ada yang betina juga. Dan kalaupun ada yang betina, akan tetap perlu pohon jantan buat bisa berbuah. Kalau pun akhirnya berbuah, ya nggak apa-apa juga, paling tidak di rumah ada pohon kurma, hehehe..

3 comments:

  1. siip....
    Bibit durian musangking, si terong, raja udang, pelangi, udang merah di jogja hub. 087839145118

    ReplyDelete
  2. @anonymous,

    Terima kasih ya sudah mampir..

    Bibit buah yang bisa ditanam di pot, ada ngga?
    Sama saya lagi pengen kembang sepatu, apa jual bibitnya? :-)

    Terima kasih..

    ReplyDelete
  3. Menjual tanaman kurma berbuah
    http://www.tukangtaman.tk/2016/03/tukang-pohon-korma-menjamin-bisa-berbuah-di-indonesia.html
    atau bisa kunjungi web partner kami pusat pembudidaya pohon korma www.website-tukangtaman.blogspot.co.id

    ReplyDelete