Sunday, May 8, 2011

Biopori dan Penampungan Air Hujan

Dalam beberapa diskusi dengan beberapa orang, untuk mencegah banjir kita disarankan untuk membuat Lubang Resapan Biopori (LRB), membuat sumur resapan, dan membuat penampungan air hujan.

LRB katanya yang paling mudah, dan cukup efektif menambah resapan air.

Saya sebenarnya sangat tertarik. Tapi agak bingung akan dibuat di mana LRB-nya. Karena halaman saya sebagian besar dilapisi ubin dan paving block. Ada bagian yang tidak dilapisi, bagian itu (sepertinya) adalah bagian atas dari septic tank.

Paling bisa di selokan. Kabarnya LRB bisa juga dibuat di selokan.

Tadi pagi dari milis greenlifestyle, ada refernsi penjual LRB online, sama dengan penjual keranjang takakura saya.

Akhirnya saya pesan :-) Kalau yakin sesuatu bermanfaat, yang penting beli dulu, nanti insya Allah ada gunanya :-)

Kedua, saya selama ini sedih sekali melihat air hujan yang tercurah begitu saja dari atap rumah saya. Dan saya memakai begitu banyak air dari sumur untuk sekedar menyiram tanaman. Ingin sekali saya memanfaatkan air hujan itu.

Nah ini saya dapat juga jawabannya dari milis greenlifestyle. Ada beberapa referensi pembuatan penampungan air hujan yang cukup mudah. Tapi bukan saya yang akan buat, saya akan panggil tukang hehehe..

Ketiga, cita-cita saya ada membuat sumur resapan, yang ini belum ada tanda-tanda akan terwujud, semoga sebentar lagi :-)

Sekarang, menunggu bor LRB dan pak tukang pembuat penampungan air hujan :-) tik tok tik tok (bunyi jam maksudnya hehe..)

No comments:

Post a Comment