Sunday, May 8, 2011

Pesan Komposter Baru : Takakura

Sekitar empat tahun lalu saya beli komposter, model yang terbuat dari gentong plastik, yang ada cairan lindi dan sedikit berbau.

Alhamdulillah saya pernah sekali panen kompos :-)

Tapi setelah itu proses pengomposan terhenti, saya lupa juga apa sebabnya.

Sekitar tiga bulan lalu, saya coba aktifkan lagi. Sampai akhirnya komposter penuh, dan saya pun beli satu komposter yang sama.

Pagi tadi saya baca-baca di internet, ternyata ada indikasi bahwa komposter yang anaerob (tandanya adalah yang menghasilkan cairan lindi dan berbau), menghasilkan gas metan, yang merusak lingkungan.

Yah, ini mah jadinya memecahkan satu persoalan (sampah) tapi memunculkan persoalan lain (gas metan).

Maka komposter yang terbaik adalah yang aerob, contohnya keranjang takakura.

Sebenarnya bulan lalu saya sudah pernah mengirim email ke salah satu contact person yang kabarnya menyediakan keranjang takakura.

Tapi sampai sekarang belum ada kabar.

Syukurlah di milis greenlifestyle ada yang memberikan referensi. Langsung saya hubungi, dan ada respons! Wah senang sekali saya.

Saya pesan 2 takakura, satu untuk saya, satu untuk ibu saya.

Saya akan kabari lagi perkembangannya :-)

No comments:

Post a Comment