Monday, April 18, 2011

Aksi Hijau - Mudah Kok! (1)

Aksi hijau (go green) sekarang sedang jadi trend. Apa Anda sudah mulai? Belum? Wah, sayang sekali. Padahal mudah lho untuk beraksi hijau. Berikut beberapa yang sudah saya mulai, saya bagi dalam 2 tulisan ya. Yang pertama tentang sampah, yang kedua tentang pohon dan transportasi.

Mudah-mudahan bisa diikuti yaaa..

1. Pengelolaan sampah

Masalah terbesar untuk bumi adalah masalah sampah, yang terus dihasilkan manusia, melebihi kapasitas bumi untuk menampungnya. Maka kita harus berupaya mengelola sampah. Prinsipnya adalah 3R, Reduce, Reuse, Recycle.

Untuk mengurangi sampah dan menggunakan kembali barang, berikut yang bisa dilakukan.

A. Mengurangi penggunaan kantong kresek dengan memakai tas kain untuk belanja sedikit dan kardus untuk belanja banyak.

B. Mengurangi penggunaan wadah makanan plastik dengan makan di tempat atau membawa wadah makanan sendiri.

C. Mengurangi penggunaan kertas dengan mengeprint dan mengeprint pada kertas bekas. Untuk penggunaan kertas, selain meminimalkan sampah, juga mengurangi penebangan hutan.

D. Mengganti tisu dengan sapu tangan atau lap, serta mengganti pampers/pembalut sekali pakai dengan pampers/pembalut kain.

E. Berusaha menggunakan kembali segala jenis plastik seperti kemasan majalah, pembungkus pakaian, tas plastik toko, dan aneka wadah plastik.

Kedua adalah mendaur ulang sampah. Walaupun sudah diupayakan untuk diminimalkan dan digunakan kembali, tentunya masih ada sampah yang dihasilkan. Agar dapat didaur ulang dengan efektif, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memilah sampah.

Saya sendiri membagi sampah dalam 4 kriteria :

1. Sampah kertas (bon-bon, brosur, aneka wadah kertas, dokumen tidak terpakai setelah dihancurkan).

2. Sampah plastik (kemasan sabun cair, aneka wadah plastik, botol-botol plastik).

3. Sampah organik (sisa potongan sayur dan buah, sisa makanan, sampah kebun).

4. Sampah elektronik (aneka baterai).

Sebaiknya kita belajar untuk mendaur ulang sendiri sampah kita. Untuk sampah organik, bisa dibuat menjadi kompos dengan mudah. Tinggal beli atau buat komposternya :-)

Untuk sampah yang belum bisa kita daur ulang, sebaiknya kita cari pihak yang dapat mendaur ulang, kita kirimkan ke pihak tersebut.

Bagaimana? Mudah kan? Ayoo, segera mulai yaaa :-)

Sementara ini dulu, bersambung ke tulisan berikutnya..

No comments:

Post a Comment