Sunday, April 17, 2011

Sudah Cukupkah Asupan Sayur dan Buah Kita

Berikut ada penjelasan dari Pak Wied Harry di milis Gizi Bayi Balita tentang pola makan sehat dengan banyak sayur dan buah. Semoga bermanfaat :-)

Tubuh kita sehat - dalam pengertian sistem metabolisme berlangsung baik dan wajar - jika pH darah dan jaringan netral cenderung basa (kurang lebih sekitar 7,3). Dalam kondisi ini, imunitas sangat bagus, jarang sakit, anak tumbuh-kembang dengan baik (BB normal, kulit cerah). Untuk mendapatkan pH darah-jaringan netral cenderung basa, idealnya konsumsi sayuran segar minimal porsinya sama dengan porsi karbohidat dan protein hewani. Plus buah segar di antara waktu makan, yang dikonsumsi ketika perut kosong.

Seringkali kita "merasa" sudah mengonsumsi buah-sayuran segar berlebihan, tetapi belum tentu berlebihan "menurut tubuh kita". Karena setiap individu adalah unik, maka berapa banyak kecukupan buah-sayuran tidak dapat ditakar akurat. Bahwa Depkes (sekarang Kemenkes) menyebutkan kecukupan buah-sayuran harian 400-500 g per hari (untuk orang dewasa), itu adalah batasan umum.

Untuk melihat kecukupan konsumsi buah-sayuran segar, dapat dilakukan dengan mengamati BAB. Jika konsumsi buah-sayuran segar cukup sesuai kebutuhan tubuh, BAB akan:
(1) setiap pagi - bisa lebih dari 1x sehari, asal tidak mules dan tidak mencret
(2) mengambang
(3) keluar otomatis - tanpa mengejan
(4) 2 menit beres
(5) rasa puas/plong/lega

Selamat mengamati BAB :-)

No comments:

Post a Comment