Monday, September 27, 2010

Resep Alami Praktis (RAP) - Ambeien

Mulai hari ini, saya akan mengoleksi aneka resep alami untuk berbagai penyakit. Saya akan pilih-pilih bahan-bahan alami yang mudah didapatkan, dan sudah banyak dikenal, sehingga saya sebut ”Resep Alami Praktis (RAP)”. Urutan resep saya buat dari bahan yang paling mudah, sampai bahan yang paling sulit.

Kali ini saya mulai dengan resep alami untuk ambeien, yang sebagian besar saya dapat dari Milis Asiforbaby, salah satu milis favorit saya :-)

Resep 1 - Biji Pepaya
Bahan : 1 sendok makan biji pepaya dan 1 gelas air (pilih yang bentuknya bulat)
Cara pemakaian : biji pepaya diminum dibantu dengan air (seperti meminum kapsul), 2 kali sehari

Resep 2 - Jus Sirsak
Cara pemakaian : Minum jus sirsak 2 kali sehari

Resep 3 - Perasan Buah Labu Siam
Bahan : 1 buah labu siam
Cara pembuatan : labu siam diparut, lalu diperas
Cara pemakaian : minum sehari sekali, tidak perlu ditambahkan apa pun (gula/garam), rasanya segar seperti jus melon

Resep 4 - Minyak Habbatussauda - Dioleskan
Bahan : Minyak habbatussauda (dijual bebas dalam bentuk minyak atau kapsul. Jika masih berbentuk kapsul, dikeluarkan dulu dari kapsulnya)
Cara pemakaian : Oleskan minyak habbatussauda pada bagian yang sakit, 2 kali sehari (setelah mandi pagi dan sebelum tidur)

Resep 5A - Daun Handeuleum - Diminum (* belum pasti aman untuk ibu hamil dan menyusui)
Bahan : 10 lembar daun handeuleum dan 1 gelas air
Cara pembuatan : Rebus daun handeuleum dengan air 1 gelas
Cara pemakaian : Minum 2 kali sehari (pagi dan sore)
Perkiraan lama pemakaian hingga sembuh : 2-3 hari (4-5 kali minum)

Resep 5B - Daun Handeuleum – Dipakai untuk Berendam
Bahan : 10 lembar daun handeuleum dan 1 bak air hangat
Cara pembuatan : Daun handeuleum dimasukkan ke dalam 1 bak air hangat
Cara pemakaian : Berendam dalam bak air hangat yang sudah dicampur dengan daun handeuleum, dua kali sehari (di waktu mandi)

Oya, untuk yang belum tahu daun handeuleum, daun handeuleum berwarna coklat – hijau, sejenis tanaman perdu, dengan pohon setinggi kira-kira 1 meter, bisa dibeli di penjual tanaman pada umumnya.

Satu lagi, catatan keamanan untuk ibu hamil dan menyusui. Kecuali yang saya beri tanda bintang (daun handeulum - diminum), semua resep ini aman bagi ibu hamil dan menyusui. Habbatussauda sebaiknya tidak diminum oleh ibu hamil, tetapi karena untuk ambeien penggunaan dengan dioles, maka aman untuk ibu hamil. Daun handeuleum belum ada pembahasannya, maka sementara saya beri tanda bintang dulu.

Demikian RAP kali ini, semoga bermanfaat.. Bagi yang sedang ambeien, selamat mencoba, semoga cepat sembuh ya.. :-)

No comments:

Post a Comment