Thursday, September 8, 2011

Rekomendasi Pompa ASI (Breastpump)

Sebenarnya, metode pemerahan ASI yang paling efektif dan simpel adalah perah manual dengan tangan. Tidak perlu membeli dan membawa alat pompa, tidak perlu baterai/listrik, tidak perlu mencuci alat / corong, dll dsb. Hanya memang tidak semua orang sukses dengan cara ini.

Berdasarkan pengalaman pribadi, berikut rekomendasi Pompa ASI (Breastpump/BP).
Yang pernah saya coba ada 2 BP yaitu Medela Swing dan Avent Manual. Dua-duanya saya suka, dengan kelebihannya masing-masing :-)

Medela Swing paling saya suka untuk saya bawa ke mana-mana. Suaranya tidak terlalu bising, sehingga kalau kita memompa di mobil, masih bisa sambil ngobrol, dengan suami tentu saja, jangan di bis kota :-) Selain itu ada mekanisme 2 fase pemompaan, yang bisa memicu keluarnya ASI. Bentuk mesinnya juga cantik dan simpel. Pas di kantor pun ada alatnya Medela, sehingga corong Swing saya bisa disambung juga ke alat di kantor.

Tadinya saya hanya menggunakan Swing ini saja. Tapi ternyata Swing ini cukup berisik kalau saya gunakan untuk memompa sambil menemani anak saya tidur.

Lalu iseng-iseng saya coba tanya ke teman, apa ada rekomendasi pompa manual yang suaranya sepi dan efektif kerjanya. Ketemulah saya dengan Avent Manual.

Avent Manual keren banget untuk pompa di kamar di malam hari. Suaranya minimal sekali, sehingga tidak mengganggu bayi saya yang sedang tidur. Dan pompanya ada dua lapisan, yang keras dan lunak, sehingga seperti ada pemijatan yang membuat ASI bisa terpompa sampai habis. Alatnya pun simpel sekali. Hanya saja, botolnya berbeda ukuran dengan Medela yang dipakai anak saya untuk minum ASIP, jadi botol Avent hanya saya gunakan untuk memompa.

Demikian rekomendasi dari saya, semoga bermanfaat :-)

2 comments:

  1. tengkyu sharingnya Mom.. kebetulan lg cari2 info tentang BP..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Mom Andika,

      Sama-sama Mom.. Maaf baru reply..
      Semoga ketemu BP yang cocok yaa..

      Terima kasih sudah mampir :-)

      Delete