Tuesday, September 27, 2011

Demam Berdarah Tak Harus Opname

Dari Majalah Readers Digest Oktober 2011 Halaman 20

Ketika orang didiagnosis demam berdarah, hal pertama yang terlintas di pikiran adalah opname alias rawat inap. Padahal pasien yang positif terkena demam berdarah tidak harus opname.

“Asal trombositnya masih di atas 100 ribu, masih mau makan dan minum, serta tidak gelisah, pasien tidak harus opname,” kata dr. Leonard Nainggolan, SpPd-KPTI, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, RS Cipto Mangunkusumo.

Perawatan di rumah biasanya lebih memberikan rasa nyaman dibandingkan dengan perawatan di rumah sakit. Namun perawatan di rumah juga harus memiliki standar. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan jika penderita dirawat di rumah :

1. Harus ada orang yang selalu menunggui. Hal itu penting jika terjadi hal darurat. Jangan tinggalkan pasien seorang diri.

2. Minum cairan sebanyak mungkin. Cairan elektrolit sangat baik bagi tubuh pasien, asal dia tidak mual dan muntah setelah meminumnya.

3. Jika demam, minum obat penurun panas dan kompres pasien. Cek suhu tubuhnya secara berkala. Gunakan thermometer digital yang lebih praktis.

4. Lakukan tes darah setiap harinya untuk mengontrol trombositnya. Jika istirahat dan pola makan baik, biasanya trombosit akan segera naik.

No comments:

Post a Comment