Monday, August 1, 2011

Dan Sang Kurma Pun Tumbuh (Plus Update Lainnya)

Minggu ini saya senang sekali, karena kurma yang saya tanam bijinya beberapa minggu lalu, akhirnya tumbuh! Saya agak terkejut juga, karena walaupun saya tanam, saya tidak yakin kurma itu akan tumbh, karena saya pikir kurma hanya mau tumbuh di Arab saja. Apa mungkin cuaca di Indonesia sudah mirip juga dengan Arab ya? Hehehe..

Dari sekitar 30-an biji kurma yang saya tanam, ada sekitar 10 yang tumbuh. Ada 5 di pot di kantor, dan sekitar 5 juga di rumah. Minggu depan mulai harus dipindah ke pot lain, karena beberapa masih “nebeng” di pot tanaman lainnya. Sudah pernah lihat pohon kurma? Mirip-mirip kelapa, tapi agak lebih pendek dan lebih rimbun. Kalau tunasnya, warnanya hijau muda, dengan daun mirip-mirip rumput. Mudah-mudahan di Ramadhan tahun depan, kurma saya sudah berbuah yaa.. Jadi tidak perlu beli lagi kurma Tunisia kesukaan saya di supermarket.

Kabar berikutnya, bayam yang sebatang mulai makin tinggi, tapi rasanya agak kurang cepat tumbuhnya, sudah sekitar 1 bulan masih mungil juga.

Kabar lain yang cukup fenomenal, kebun bawah saya yang selama ini rimbun dengan pohon belimbing dan tidak terkena cahaya matahari, akhirnya saya reformasi. Cabang-cabang belimbing wuluh yang terlalu menutupi pohon lain saya minta untuk dipotong, sehingga pohon kamboja dan pohon palem bisa tumbuh dengan leluasa. Dampak positifnya, kebun saya yang secuplik jadi terkena cahaya matahari. Nah, di kebun itu, saya coba tanam bayam dan sawi. Bayam sudah muncul tunas kecil-kecil. Yippppi.. Sawi beberapa tumbuh, yang lainnya masih bersembunyi.

Delima, yang saya minta kirim nun dari Malang sana, sudah bermunculan daun-daun barunya, semoga sebentar lagi berbuah. Serai wangi yang saya dapat dari Tante, sudah bermunculan juga daun baru.

Satu lagi yang fenomenal, buncis saya mulai berbunga, mudah-mudahan berganti jadi buah. Kata si mbak, tidak semua berbunga lalu berbuah, ada juga yang berbunga saja.

Cabe, sudah ada tanda-tanda akan berbuah.

Sementara demikian laporan bulan ini, sampai jumpa di laporan selanjutnya yaa.. :-)

No comments:

Post a Comment