Tuesday, September 27, 2011

Sehat Tanpa Penyakit sampai Usia 70-an? Bisa!

Barusan saya dapat informasi tentang kebiasaan hidup sehat yang baguuss banget dari temen saya, Mbak Risa di milis Balita Anda. Ini adalah kebiasaan hidup Ayah dan Ibunya, yang saat ini usianya 76 dan 66 tahun, tanpa penyakit apa pun. Hebat kaaaan?

Karena saking kagumnya, saya mohon izin untuk mencatat kebiasaannya itu di sini. Kata Mbak Risa sih, kayaknya biasa aja deh. Tapi menurut saya, ini luar biasa :-)
Berikut kebiasaan tersebut yaa..

Pertama, pola makan sehat.
Ayahnya sangat pembersih, sehingga tidak pernah jajan dan tidak suka junk food. Beliau hanya suka makanan rumahan, yang dimasak oleh Ibunya. Setiap hari selalu minum susu, makan sayur tanpa nasi (digado) paling tidak 1 mangkuk setiap hari, dan makan buah. Kalau sekali-sekali makan pedas, maka harus segera diimbangi dengan makan semangkuk sayur. Sayur yang biasa dimakan adalah bayam, kangkung, toge, caisim, dll. Buah biasanya pepaya dan pisang.

Pola aktivitas sehari-hari.
Bangun jam 4.30, shalat, membaca Al Qur’an, dilanjutkan dengan jalan pagi. Sore pun jalan lagi, tidak jauh, cukup di seputar komplek. Tidur rutin jam 20.00 atau jam 21.00, kalaupun belum tidur, sudah siap di tempat tidur. Setiap hari membaca koran. Mungkin karena rajin membaca Al Qur’an dan koran tersebut, sampai saat ini Ayahnya tidak pikun.

Pola kehidupan mental.
Ayahnya sangat disiplin, sehingga sebenarnya termasuk orang yang keras, tapi cepat baik kembali. Ibunya “super sabar” sehingga bahkan di usianya yang 66 tahun, beliau terlihat seperti usia 50-an dan masih tetap aktif dan energik.

Bagaimana, kelihatannya simpel ya? Yang penting adalah melaksanakannya dengan konsisten. Tapi kalau yang lain bisa, harusnya kita juga bisa :-)

Semangaaaat, jangan mau tua, sakit, dan pikun. Ayo dari sekarang siap-siap supaya jadi lansia yang kuat dan sehat!

No comments:

Post a Comment