Tuesday, June 21, 2011

Menu Ikan - Murah dan Sehat

Dari berbagai informasi, sudah sering disampaikan bahwa menu ikan adalah menu yang sehat, karena kandungan "lemak baik" yaitu Omega 3. Pertanyaannya, apakah semua ikan dapat digolongkan sehat?

Dari buku Hiromi Shinya, Miracle of Enzymes dan Mukjizat Mikroba, diinformasikan bahwa ikan yang baik adalah ikan-ikan kecil, supaya kita bisa makan tulangnya, yang mengandung kalsium yang diperlukan untuk tulang.

Dari buku Anticancer, diinfokan bahwa ikan sarden adalah salah satu ikan yang baik, bahkan yang kalengan sekalipun.

Pada kedua buku diinformasikan bahwa ikan-ikan besar tidak disarankan, karena mengandung kontaminasi polusi yang tinggi. Maka ikan tuna, tongkol, hiu, adalah jenis-jenis ikan yang tidak disarankan.

Dua ikan yang kabarnya kandungan omega 3 nya tinggi adalah ikan kembung dan bandeng. Tuh kan, murah, terus sehat lagi!

Saya coba diskusikan dengan Pak Wied Harry di Milis Gizi Bayi Balita, berikut kurang lebih penjelasan beliau.

Pada dasarnya memang sudah sangat sulit memperoleh ikan laut maupun ikan tawar yang benar-benar bebas dari polusi dan tambahan zat aditif. Maka saran beliau adalah kita jangan terlalu fanatik dengan jenis ikan tertentu, melainkan melakukan variasi agar tidak terpapar dengan suatu zat polutan tertentu.

Dan opsi terbaik adalah ikan organik, jika memang anggarannya memadai :-)
Beberapa ikan organik yang sering dijual adalah gurame dan nila.

Untuk ikan sarden, Pak Wied menyarankan jika kita dapat memperoleh ikan yang sardin yang segar, bagus. Tetapi jika sarden kalengan, sebaiknya tidak dibiasakan kecuali dalam keadaan terdesak misalnya ketika traveling atau liburan karena tidak ada pembantu :-)

Selamat makan ikan! :-)

No comments:

Post a Comment