Tuesday, June 7, 2011

Mikro Hidro dan Panel Surya

Sudah lama saya tertarik dengan pemanfaatan sumber energi alternatif, sebagai pengganti listrik dari PLN. Namun tadinya hanya pada tingkatan berkeluh kesah, bahwa seharusnya pemerintah memanfaatkan sumber daya yang begitu luasnya di Indonesia, arus laut, air sungai, angin, serta tenaga matahari.

Sampai minggu lalu saya membaca di Majalah Nirmala, tentang Ibu Puni, yang bersama suaminya membangun sumber energi mikro hidro, sumber energi bertenaga air yang berhasil menerangi banyak desa yang sebelumnya belum terjangkau listrik.

Saya coba browsing tentang mikro hidro ini, tadinya saya mau coba buat untuk di rumah saya, hehe.. Ternyata, ini pembangkit listrik untuk skala satu desa, huehehehe.. Gak bisa kalau modal air hujan dari talang, hehe.. Gak jadi deh.. :-)

Lalu saya coba browsing lagi, kali ini untuk energi surya. Ternyata sudah ada beberapa penyedia panel surya. Tapi kelihatannya skalanya juga skala pabrik. Dan kalaupun ada yang skala rumah, sepertinya harganya masih sangat mahal.

Mudah-mudahan sebentar lagi ada sumber energi matahari, air hujan, angin, yang bisa digunakan di skala rumah tangga, dengan biaya yang murah.

Aamiin :-)

No comments:

Post a Comment