Monday, June 6, 2011

Bagaimana Dengan Plastik Kemasan?

Pada tulisan saya sebelumnya, saya menyarankan agar kita meminimalkan penggunaan bungkusan makanan dan membawa sendiri kantong plastik untuk belanja.

Lalu, bagaimana dengan plastik kemasan, untuk produk-produk yang “dari sononya” ketika kita beli memang sudah dalam kemasan plastik?

Idealnya, kita memproduksi semua kebutuhan kita, sehingga kita tidak perlu membeli :-)

Snack dan makanan jadi, sebenarnya mudah untuk kita buat sendiri. Sabun cuci, sabun mandi, pembersih lantai pun, sebenarnya bisa kita buat sendiri. Ada komunitas yang mengkhususkan diri untuk hidup mandiri seperti itu.

Tapi itu idealnya :-)

Tahap pertama, yang bisa kita lakukan adalah menggunakan ulang sebanyak mungkin kemasan itu. Plastik majalah misalnya, kita simpan, barangkali kapan-kapan kita perlu pembungkus plastik. Gelas plastik kita bisa gunakan untuk pot bibit tanaman.

Bagaimana dengan kemasan yang tidak bisa kita gunakan lagi? Tetap kita pisahkan juga, untuk kita salurkan ke pemulung, agar bisa didaur ulang. Sambil kita coba belajar, agar kita bisa mendaur ulang sendiri, atau malah sampai ke kondisi ideal, ketika kita bisa membuat sendiri semua kebutuhan kita.

Bagaimana, mudah kan?

No comments:

Post a Comment