Monday, May 31, 2010

Teknis Pembuatan Jus di Pagi Hari

Melanjutkan tulisan sebelumnya tentang manfaat minum jus di pagi hari, maka kali ini saya akan menjelaskan detil persiapan dan pelaksanaan teknisnya. Haduh kayak di kantor aja ya, gak apa-apa deh, biar jelas dan bisa langsung dilakukan, setuju ya :-)

Apa saja jenis buahnya?

Pada dasarnya semua buah dapat dijadikan jus di pagi hari, kecuali buah-buahan yang mengandung gas seperti nangka, durian, dan cempedak.

Disiapkan menggunakan blender, atau juicer?

Dari sisi kesehatan, baik menggunakan blender maupun juicer sama baiknya. Karena walaupun pada jus dari juicer sudah tidak ada lagi serat (ampas), masih terdapat serat larut yang bermanfaat bagi tubuh. Dengan demikian pemilihan cara pembuatan jus disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika jus hasil blender terasa terlalu kasar sehingga tidak nyaman untuk ditelan, maka sebaiknya dibuat dengan juicer.

Kapan mulai disiapkan?

Agar buah masih sangat segar, maka sebaiknya jus disiapkan sesaat sebelum akan diminum. Bila buah sebelumnya disimpan di kulkas, sebaiknya dikeluarkan dulu dari kulkas sekitar 1 - 2 jam sebelumnya, dan baru dijus setelah suhunya tidak dingin lagi.

Siapa saja yang boleh minum jus di pagi hari?

Karena ini adalah pola makan yang sehat, menggunakan bahan yang alami, maka dapat dilakukan oleh siapa saja. Mulai dari bayi usia 6 bulan sampai dengan lansia.

Apakah ada cara minum jus yang baik?

Ya ada. Jus sebaiknya tidak diminum dan diteguk segera seperti minum air putih. Karena jus sebaiknya mengalami pencernaan dahulu di dalam mulut. Dengan demikian, cara meminum jus yang baik adalah sedikit demi sedikit, biarkan sebentar di dalam mulut untuk bercampur dengan ludah, baru kemudian ditelan.

Setelah minum jus, apa boleh sarapan yang biasa?

Tentu saja boleh :-) Walaupun beberapa menyarankan untuk cukup makan buah dari pagi sampai siang, tapi sarapan yang "biasa" tetap bisa dilakukan, sekitar 15-30 menit setelah mengkonsumsi jus pagi.

Apakah jus boleh digantikan dengan buah potong?

Sangat boleh. Pada dasarnya cara terbaik untuk makan buah adalah langsung dalam bentuk buah potong. Tujuannya agar buah benar-benar tercerna dahulu di mulut, untuk kemudian ditelan dan dicerna selanjutnya di lambung dan seterusnya. Namun karena di pagi hari biasanya cukup sibuk dengan berbagai kegiatan persiapan hari dan setelah bangun tidur biasanya masih agak mengantuk, maka untuk kemudahan dan kepraktisan, dibuat jus?

Apa sudah ada yang membuktikan bahwa minum jus pagi menghilangkan alergi?

Ya sudah ada. Salah satu peserta milis Gizi Bayi Balita memiliki alergi yang cukup parah terhadap sangat banyak jenis makanan. Setelah mencoba metode ini, secara berangsur-angsur alerginya berkurang dan saat ini sudah jauh lebih baik.

Nah, mudah kan penyiapan jus pagi hari? Yuk kita mulai :-)

Referensi : berbagai diskusi dari Pak Wied Harry di milis Gizi Bayi Balita

No comments:

Post a Comment