Wednesday, May 26, 2010

Lezatnya Kopi Sehat Habbatussauda

Dampak Positif Kopi

Mereka yang menyukai kopi, merasakan beberapa dampak positif kopi seperti tubuh yang terasa segar, kantuk yang hilang, tidak mudah lelah, serta lebih cepatnya daya pikir.
Hal ini disebabkan adanya kafein yang dapat menimbulkan perangsangan terhadap susunan saraf pusat (otak), sistem pernapasan, serta sistem pembuluh darah dan jantung.

Dampak Negatif Kopi

Kebiasaan minum kopi acap kali memunculkan efek "kecanduan" baik secara psikologis maupun fisiologis. Ciri umum ketergantungan kopi antara lain rasa letih atau lelah, tak bersemangat dan mengantuk kalau seharian saja tidak minum kopi.

Minum kopi diatas 250 mg (lebih dari 3 cangkir) sekaligus dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti jantung berdebar, gelisah, insomnia (sulit tidur), gugup tremor (tangan bergetar), bahkan mual sampai muntah-muntah.

Minum kopi juga bebahaya bagi penderita hipertensi (tekanan darah tinggi) karena kafein bisa menyebabkan tekanan darah meningkat tajam.

Selain itu, kopi juga bisa meningkatkan aliran darah ke ginjal dengan akibat produksi urin bertambah.

Bagi mereka yang memiliki lambung sensitif, minum kopi dapat mengakibatkan nyeri pada lambung akibat meningkatnya produksi asam lambung.

Seorang peneliti Belanda menambahkan, dua minggu setelah setiap hari minum enam cangkir kopi, konsentrasi homosistein seseorang naik 10% dari angka normal. Begitu juga kadar kolesterol dan trigliserida. Namun, kenaikan ini tidak permanen. Bila kopi dihentikan dan keadaan tubuh sehat, kalebihan homosistein dapat secara alami normal kembali.

Bila dalam sehari minum sekitar 6-7 cangkir kopi kasar, diperkirakan akan meningkatkan resiko untuk terkena serangan jantung atau stroke.

Dampak Negatif Kopi bagi Wanita

Minum kopi terlalu banyak bisa pula mengurangi kesuburan wanita, apalagi kalau dikombinasikan dengan alkohol. Bagi wanita usia menopouse, minum kopi dalam jumlah banyak bisa menambah resiko kekeroposan tulang (osteoporosis).

Beberapa studi memperkirakan kemungkinan kopi mempengaruhi DNA dan meningkatkan resiko terkena kanker kandung kemih dan ovarian. Selain itu, minum kopi yang sangat panas dapat memberi efek kerusakan pada sel dalam mulut dan kerongkongan, yang jika dilakukan berulang kali dapat mencetuskan kanker pada bagian tersebut.

Beberapa penelitian menemukan, wanita yang mengonsumsi 5-7 gr kafein per bulan (setara dengan dua cangkir kopi per hari) memiliki kemungkinan dua kali lipat terkena endrometriosis daripada yang tidak mengonsumsi kafein.

Saran Batas Konsumsi Kopi

Kalau pun harus minum kopi, bagi orang Indonesia, sebaiknya hanya 1-3 cangkir sehari. Itu pun tidak saat menjelang tidur.
Kopi bisa digantikan segelas air jeruk, sayuran hijau, disertai konsumsi vitamin B6 dan B12.
Jenis-jenis makanan dan minuman ini tidak mengandung seng dan kafein tapi tinggi mineral, vitamin serta asam folat, sehingga penyakit jantung koroner pun bisa dihindari.

Kopi Habbatussauda, Lezatnya Kopi Sehat

Bagaimana caranya untuk tetap merasakan nikmatnya kopi, tetapi terbebas dari dampak negatifnya, malah mendapatkan manfaat habbatussauda?

Kopi habbatussauda jawabannya :-)

Minuman sehat dari biji habbatussauda, bijan seed, madu, gula aren, tanpa mengandung kopi, dan tentunya bebas kafein.

Selain terbebas dari dampak kafein, Anda juga memperoleh manfaat habbatussauda dan madu, di antaranya :
- Meningkatkan kekebalan tubuh
- Meningkatkan konsentrasi
- Menambah vitalitas dan semangat
- Menyehatkan sistem pencernaan (lambung, maag)
- Menyegarkan badan
- Mengatasi diare
- Mencegah masuk angin

Referensi :
- http://w4h48.multiply.com/reviews/item/8
- berbagai sumber tentang habbatussauda

No comments:

Post a Comment