Monday, May 31, 2010

Minum Jus di Pagi Hari, Anti Penyakit dan Alergi

Tahukah Anda, ternyata minum jus buah di pagi hari sangat menyehatkan.

Menurut penjelasan Pak Wied Harry pada mailing list Gizi Bayi Balita, minum jus di pagi hari akan memberikan manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dan lebih jauh lagi, karena alergi adalah bentuk dari rendahnya daya tahan tubuh, maka minum jus buah di pagi hari, juga akan menyembuhkan alergi.

Kira-kira apa yang terjadi ya? Bukankah makan buah di saat perut kosong akan membuat nyeri lambung?

Nah ini dia yang perlu diluruskan.

Buah (dan jus) justru paling baik dimakan pada saat perut kosong.

Mengapa?

Karena buah yang terdiri atas gula sederhana dicerna dengan cepat. Dengan demikian, jika buah dimakan pada saat perut kosong, buah dapat segera dicerna dan diserap ke seluruh tubuh. Jika buah dimakan setelah makanan lain yang lebih lama dicerna, maka buah harus "menunggu" makanan itu dicerna lebih dulu. Sementara menunggu, buah akan kehilangan enzimnya.

Enzim? Bukankah enzim justru adalah zat pencerna makanan?

Nah, ini juga pemahaman yang harus diluruskan.

Pada bukunya yang berjudul "Miracle of Enzyme", Prof. Hiromi Shinya menyatakan bahwa, "sumber kehidupan" bagi makhluk hidup adalah enzim, yang disebut enzim pangkal. Enzim pangkal ini diubah menjadi berbagai zat dalam tubuh sesuai kebutuhannya. Enzim pangkal dapat berubah menjadi enzim pencerna, menjadi zat antibodi, dan juga zat penetralisir bahan kimia. Sumber makanan yang banyak mengandung enzim adalah makanan yang masih segar dari alam dan tidak mengalami pemrosesan yang panjang.

Oleh karena itu, sumber enzim yang terbaik adalah buah segar (dan jus), sayuran segar atau yang tidak terlalu lama dimasak serta biji-bijian yang masih berkulit.

Dari penjelasan Prof. Hiromi ini, maka dapat dijelaskan mengapa minum jus buah di pagi hari seperti yang disarankan Pak Wied Harry sangat baik untuk kesehatan. Pertama, pagi hari perut masih benar-benar kosong, sehingga buah dapat langsung dicerna dan diserap tubuh. Kandungan enzim dari buah tersebut maka dapat langsung diubah menjadi enzim pangkal yang kemudian siap digunakan untuk berbagai kebutuhan tubuh, antara lain sebagai antibodi.

Hal ini sejalan juga dengan teladan Rasulullah SAW. Beliau senantiasa membiasakan makan kurma di pagi hari, sebagaimana pada hadits berikut.

Dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, diriwayatkan hadits dari Shahabat Sa’ad bin Abi Waqqash, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau pernah bersabda.

“Artinya : Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir."

Yuk kita mulai makan jus buah di pagi hari.
Kapan mulainya? Sekarang dong, kapan lagi? Detil cara penyiapannya silakan lihat di sini ya.. :-)

Referensi :
- diskusi dari Pak Wied Harry di milis Gizi Bayi Balita
- Miracle of Enzyme, Prof. Hiromi Shinya

No comments:

Post a Comment

Post a Comment