Wednesday, June 27, 2012

Tantangan Tetap Makan Sehat Selama Liburan

Buat saya yang pecinta buah dan sayur organik, liburan adalah kegiatan yang memerlukan usaha ekstra. Yaitu untuk tetap makan sehat selama liburan.

Jangankan ketemu sayur dan buah organik, sayur dan buah segar saja susah sekali ditemui.

Apa lagi buat saya ada satu hal lagi yang juga lebih penting, yaitu kepastian halal. Dan, di sentra-sentra liburan anak, makanan yang tersedia yang bisa dipastikan halal adalah fast food. Walhasil, itulah makanan saya selama liburan :-)

Sedih juga sih rasanya, "menyiksa" tubuh dengan makanan "seperti itu" :-) Tapi apa daya, daripada mati kelaparan.. Lebay dikit :-)

Maka, tips n tricks untuk tetap bisa makan sehat selama liburan :

1. Usahakan bawa buah segar, kalau sulit untuk bawa, setiap kali tiba di lokasi liburan, segera cari penjual buah segar. Jangan lupa bawa pisau, pengupas, dan juicer kalau perlu :-)

2. Di restoran fast food pun biasanya tersedia salad. Makanlah salad, walaupun semua orang makan yang lain yang menggiurkan :-)


3. Kadang-kadang, di restoran fast food pun tersedia jus buah segar. Pastikan dengan menanyakan apakah benar jus buah segar. Kalaupun bukan jus buah segar, jus kemasan pun masih lebih baik daripada soda :-)


4. Tetap bawa "seperangkat tentara daya tahan tubuh", kalau bisa dalam kemasan yang praktis : madu, vermint, lamandel, minyak zaitun, minyak habbatussauda, permen jahe, dll, dsb.

5. Banyak minum air putih.

6. Jangan lupa cuci tangan sebelum makan, atau paling tidak, gunakan cairan antiseptik.

Selamat liburan dan tetap sehat! :-)

No comments:

Post a Comment