Tuesday, February 28, 2012

Kendaraan Masa Depan

Pagi tadi saya dan dua anak saya si Sulung, dan si Tengah membahas tentang kendaraan masa depan, diawali dengan pertanyaan si Tengah saya tentang biaya transportasi, yang diakhiri dengan ide keren untuk kendaraan masa depan :-)

Berikut percakapan kami, saya (S), anak sulung (AS), dan anak tengah (AT).

Oya, sekedar latar belakang, anak sulung saya ikut kursus robotik, jadi dia menguasai dasar-dasar permesinan. Anak tengah saya tipikal kreatif, senang menggambar dan mengkhayal :-)

AT : Ma, naik bis itu bayar ngga?

S : Bayar, tapi murah.

AT : Kok murah?

S : Soalnya biaya bensinnya dibagi ke banyak orang. Kalau naik motor misalnya, biaya bensinnya ditanggung oleh satu orang. Walaupun di awal belinya mahal, tapi dipake banyak orang, buat waktu lama, per orang bayarnya jadi murah.

AT : Ooo.. Jadi bagus ya kalau pake bis itu, murah.. Oya, karena kendaraannya lebih sedikit polusinya juga lebih sedikit yaa?

S : Iyaaa.. Polusi lebih sedikit, macet juga berkurang.

AT : Lebih keren lagi kalo ngga ada polusi sama sekali ya. Gimana kalo dibikin kayak sepeda, tapi bareng-bareng. Jadi bentuknya bis, tapi semua orang di dalamnya ikutan gowes..

S : Waaa, keren juga tuuuh..

AS : Yah, mana mau orang naik kalo kaya gitu? Yang bagus tuh, kalo kendaraannya besar, yang gowes satu orang, tapi bisa kenceng.

AT : Iyaaa, kalo bisa gitu lebih keren lagi..

AS : Masalahnya, kalo mau gowes satu orang dan menghasilkan energi, itu kan gear up, jadi dari gear kecil, menggerakkan gear besar. Tapi, kalo mau kenceng, itu gear down, gear besar menggerakan gear kecil. Jadinya ada kontradiksi.. (Note : saya lupa-lupa inget juga masalah gear down dan gear up-nya, tapi kurang lebih begitulah, hehe.. )

S : Nah, kalo gitu sepertinya kita perlu sumber energi lain..

AT : Energi suryaaa, angin, air..

S : Ya betuul. Yang kayanya banyak banget tapi belum termanfaatkan itu energi surya ya..

AS : Eh di Thailand udah ada loh bajaj energi surya..

AT : Iya, namanya tuktuk yaa.. hihihi lucu namanya..

S : Tu dia, berarti bisa kan. Kalo air kayanya terbatas ya, lama-lama air bersih habis dipake..

AT : Ya jangan pake air bersih, pake air kotor.. Kaya mobil sampah yang Mama cerita waktu itu, yang di mana ya, Jerman apa Belanda, yang bahan bakarnya dari sampah. Jadi sekalian dia ambil sampah, sekalian sampahnya diolah jadi bahan bakarnya..

S : O iya, bisa juga yaa..

AT : Iyaaa.. Jadi dia pertamanya bawa air kotor, terus sambil jalan airnya jadi bersih, buat bahan bakar dia, dan air bersih yang tersisa bisa dimasukin lagi ke sungai, jadi sungainya bersih deh..

Dan kami pun sampai di sekolah :-)

No comments:

Post a Comment