Tuesday, June 22, 2010

Apakah Metode Alami Hanya Efektif untuk Orang Tertentu?

Seperti yang saya sarankan pada tulisan sebelumnya, metode alami dapat membantu kita dalam melawan penyakit akibat virus. Metode alami antara lain dilakukan dengan minum banyak air putih, makan banyak sayur dan buah, serta minum madu dan produk lebah lainnya.

Namun, cara ini ternyata dirasa kurang efektif bagian sebagian orang. Ada yang sudah mencoba metode tersebut, tapi penyakit tidak juga berkurang, malah makin parah.

Sebagian orang yang lain mencoba hal yang sama, dan berhasil sembuh dengan cepat.

Kok bisa memberikan hasil yang berbeda? Apa yang menyebabkannya?

Hal ini bisa dilihat dari dua sisi.

Yang pertama, berkaitan dengan hal non fisik, yaitu berkaitan dengan pemikiran dan keyakinan.

Salah satu faktor penting dalam penyembuhan penyakit adalah keyakinan hati dan pikiran kita bahwa metode yang kita lakukan dapat membawa kesembuhan. Yang penting yakin. Jika kita yakin, bahkan obat plasebo pun dapat menyembuhkan. Jika kita tidak yakin, obat antibiotik paling dahsyat pun, bisa saja tidak berhasil juga menyembuhkan.

Jadi, jika ada yang tidak berhasil menerapkan metode alami untuk menyembuhkan penyakit, kemungkinan pertama adalah karena kurangnya keyakinan bahwa metode alami itu dapat menyembuhkan.

Yang kedua, berkaitan dengan kondisi fisik pada tubuh orang yang bersangkutan.

Metode alami adalah pendekatan optimalisasi, intensifikasi, pendayagunaan daya tahan tubuh, dari dalam tubuh sendiri.

Maka metode alami akan lebih efektif pada mereka yang kondisi tubuhnya secara umum baik, sehingga masih dapat dioptimalkan, diintensifkan, dan didayagunakan dalam melawan penyakit.

Jika secara umum kondisi tubuh buruk, maka penggunaan metode alami kemungkinan tidak akan efektif.

Sebagai analogi, mungkin dapat diumpamakan dengan sepasukan tentara. Tubuh yang sehat dapat diumpamakan sebagai pasukan tentara yang terampil, kuat, kompak, dan siap tempur. Pada saat ada serangan, dengan memberikan tambahan pasokan senjata dan amunisi, maka pasukan ini dapat menggunakan tambahan pasokan tersebut secara efektif dan memenangkan pertempuran.

Tubuh yang kurang baik kondisinya, dapat diumpamakan sebagai pasukan tentara yang kondisinya mengkhawatirkan. Kurang terlatih, mudah lelah, sulit diatur, dan penakut. Berapapun amunisi dan senjata diberikan, pasukan ini pasti kalah. Satu-satunya cara agar pasukan ini menang adalah dengan menambahkan sekelompok pasukan baru yang memang mampu untuk bertempur. Kembali ke tubuh orang tadi, maka dia perlu obat untuk melawan penyakit.

Lalu bagaimana solusinya? Apakah artinya ada orang yang tidak dapat menerapkan metode alami?

Justru sebaliknya, orang-orang seperti itu harus segera memulai metode alami dan melakukannya secara rutin. Tapi, memulainya memang tidak dapat dilakukan ketika sakit, melainkan dimulai dan dirutinkan ketika sehat.

Dengan demikian, secara bertahap, tubuh mencapai kondisi yang sehat secara umum dengan daya tahan tubuh yang baik. Dan ketika penyakit menyerang, tubuh masih memiliki kekuatan yang dapat didayagunakan dengan cara meningkatkan intensitas penggunaan metode alami, yaitu minum air lebih banyak, makan sayur dan buah lebih banyak, dan minum madu dan produk lebah lainnya lebih banyak.

Metode alami memang sejalan dengan proses-proses di alam. Perlahan dan bertahap.

Jadi, tunggu apa lagi, mari kita mulai dan rutinkan metode alami sebagai kebiasaan harian kita, dan rasakan manfaatnya secara jangka panjang.

No comments:

Post a Comment