Sunday, November 13, 2011

Hebatnya Minyak Zaitun

Berawal dari tulisan Pak Wied Harry di milis Food Combining, bahwa minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan.

Saya copy paste yaa :

Di pasaran terdapat beberapa kualitas minyak zaitun. Yang terbaik: minyak zaitun extra virgin (extra virgin olve oil, EVOO]. Yamg kualitasnya terendah: minyak zaitun extra light (extra light olive oil, ELOO]. Di antara EVOO dan ELOO ada beberapa kualitas lagi, umumnya dengan nama berbeda di antara produsen. Pendeknya, kalau jenisnya bukan EVOO atau ELOO berarti kualitasnya di antara keduanya.

EVOO lebih banyak mengandung lemak sehat, khususnya omega-3 dan omega-6 (serta omega-9, namun karena omega-9 ini tidak esensial alias bisa dibuat sendiri oleh tubuh kita, maka perannya kurang berarti). Semakin tinggi kandungan lemak sehatnya, minyak zaitun semakin mudah rusak jika terkena panas maupun udara. Karena itu, EVOO sebaiknya disantap mentah -misalnya sebagai minyak salad- dan disimpan dalam wadah tertutup rapat.

Untuk memetik manfaat sehat EVOO, minum 2 sendok makan per hari atau campurkan dalam jus buah/sayuran. Bisa diminum 1 sdm 2 kali sehari, bisa juga sekaligus 2 sdm.

Manfaat sehat EVOO (disarikan berdasarkan riset):
1. Kandungan polifenol-nya menyusutkan risiko penyakit jantung.
2. Zat fenol-nya mencegah kanker dan menghambat proses pertumbuhan kanker, sedangkan kandungan asam oleatnya mencegah pertumbuhan sel kanker
3. Omega-3 dan senyawa oleokantal-nya berkhasiat antiradang, sehingga efektif mengatasi radang dan rasa nyeri.
4. Semua jenis lemak sehatnya memangkas kadar kolesterol jahat LDL maupun trigliserida (TG), serta menurunkan risiko diabetes.
5. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal-nya membantu menghambat penurunan daya ingat, dengan cara menjaga struktur sel dan membran dalam otak.
6. Membantu penyerapan kalsium, sehingga bermanfaat mencegah keropos tulang (osteoporosis).
7. Asam maslinat-nya memperlambat penyebaran dan melemahkan keganasan virus HIV dlm tubuh penderita.

ULASAN WIED HARRY:
Meskipun terbukti memberikan banyak manfaat sehat, khasiat minyak zaitun -khususnya EVOO- hanya akan cemerlang jika pola makan dominan makanan pembentuk basa/alkalin, yakni sayur-sayuran segar dan buah-buahan segar.

==

Gimana, keren kaaaaan?

Nah, dalam mengikuti saran Pak Wied itu, saya coba beli EVOO. Setelah pilih-pilih, akhirnya saya ambil merk Romulo, rasanya agak aneh :-), akhirnya nggak saya teruskan minumnya, hihihi.

Berikutnya saya coba lagi ELOO merk Bertolli, nah ini enaaak, mirip minum air aja, dan ada sedikit gurih begitu. Sampai akhirnya minggu lalu ELOO saya sudah mulai menipis. Saya baca lagi tulisan Pak Wied, lebih bagus EVOO, saya coba lagi pilih-pilih EVOO. Tadinya mau ambil EVOO Bertolli, tapi kok botolnya nggak gelap, katanya lebih bagus kalau botol gelap. Maka saya coba beli EVOO Borges, dan pas dicoba, ternyata rasanya aneh lagi :-) Mirip-mirip dengan rasa EVOO Romulo yang pertama itu :-D

Lalu saya coba browsing, niatnya mau cari rekomendasi merk EVOO yang rasanya "tongue-friendly" begitu, ternyata malah ketemu bahwa EVOO bagus juga untuk perawatan kulit. Cara pemakaiannya bisa dicampur dengan lotion yang biasa kita pakai, supaya ada harum-harumnya :-) Tadi malam saya coba, mantap! Benar-benar efektif buat kulit saya yang super duper kering, walaupun awalnya kelihatan seperti baru kesiram minyak, hehehe.. Tapi lama-lama meresap juga kok :-)

Alhamdulillah, EVOO Borges saya jadi punya dua fungsi, untuk dikonsumsi (dicampur ke makanan/diminum) dan jadi campuran lotion :-)

No comments:

Post a Comment